Rabu, 02 Desember 2015

Nge-Ice Cream Sambil Jamming

Saya termasuk orang yang suka nongkrong sama temen-temen. Nongkrong di cafe untuk makan es krim. Jujur, karena nggak biasa makan di luar, jadi kalo ngafe jarang beli makanan berat. Sukanya es krim atau dessert lainnya. Nah waktu main ke Malang weekend yang lalu, saya nemu cafe idaman. Idaman? Kok bisa, Ep? Iya. Ada pianonya (>_<)8

Jadi sebenernya cafe ini punya cerita. Nama sebenernya Rumah Nyit-Nyot. Udah pada tau belum? Jaman saya PPL sama skripsian dulu, tempatnya deket banget sama kampus. Tepatnya di Jl. Terusan Surabaya, Malang. Buka dari jam 11 pagi - 10 malem. Meskipun tempatnya kecil, tapi saya suka banget menu dan suasananya.
Bahkan saya juga pernah ke sana sendirian. Iya itu satu-satunya cafe yang pernah saya datengin sendirian karena saya niat ke sana (bukan mampir). Suasana yang homey dengan interior yang cute banget bikin saya betah banget di situ. Udah gak keitung berapa orang yang sudah pernah saya ajakin ke sana. Hahaha.


Ini penampakannya pada awal taun 2014. Masih di Jl. Terusan Surabaya
Menu Fav: Choco Sundae Brownies
Sama besties, masih jaman skripsian dulu
Spot lesehan favorit (sumber: display.ub.ac.id)
Tapi sepertinya pada awal tahun lalu tempatnya pindah. Denger-denger karena sewa tempatnya habis. Kalo mau perpanjang kontrak, harus perpanjang 5 taun. Eh, ini bener nggak sih ya? #gosip

Pas tau kalo tempatnya pindah, saya langsung kecewa. Sekarang udah jadi Rumah Makan Padang. Dan langsung heboh stalking twitternya. Hebohnya tuh semacam abis denger mantan udah punya pacar lagi yang ternyata saya kenal orangnya (heh, baper Ep?). Ya gitulah, akhire stalking. Padahal hidup saya sudah tidak di Malang lagi. Udah nggak berdomisili di malang maksudnya. Then, saya dapet alamatnya. Di Jl. Letj. Adi Sucipto Malang. Ya ampun jauh banget dari kampus dan kosan lama. Itu di daerah Blimbing, sedangkan kos lama saya di daerah Sumbersari. Setelah tahu alamatnya, saya langsung datangi cafe tersebut sekalinya saya main ke Malang. Jauh-jauh dibela2in deh. Sampe ban bocor ujan-ujan segala.

Suasananya masih tetep homey, meskipun udah nggak bernuansa toska, cream, dan item lagi. Tapi masih betah aja di situ. Apalagi dengan menu barunya waktu itu, 'kuklat'. Jadi es krimnya dimasukin ke mangkok yang terbuat dari coklat. Mangkoknya bisa dimakan sodara-sodara! Sayangnya saya gak serakus itu, jadi mangkoknga nggak abis. Gomen...

Rumah Nyitnyot, Jl. La. Adi Sucipto Malang (sumber: twitter @rumah_nyitnyot)

Order Here!




Nah beberapa bulan lalu (stalking lagi) ternyata NyitNyot buka cabang lagi di daerah dieng. Yes! Lumayan deket sama kosan lama (masih sering numpang di kosan lama). Beberapa hari yang lalu sebelum ke Malang untuk menghadiri wisuda teman saya, tiba-tiba saya kepikiran kalo udah lama nggak ke sana. Karena udah lama nggak ke Malang juga. Akhirnya stalking-lah saya. Cari info di twitter tempatnya di sebelah mana. Nggak dapet. Cari di instagram. Nggak dapet juga. Hhhh. Saya akhirnya cari di google map. Entah udah desperate banget kali ya. Dan nemu! Semacam ada sinar dari langit yang menyinari tubuh saya layak lampu sorot, yang kalap stalking google map. Dari foto-foto yang pernah diposting, saya liat, di cafe itu ada pianonya!

Piano teman-teman. Iya, piano. Bukan keyboard lho. Piano. Piano, mari main piano~ #plak
Udah lamaaaaa banget jari-jari saya nggak nyentuh piano beneran. Terakhir pegang grand piano ya punya temen SMP saya yang kebetulan ortunya pemilik salah satu kursus musik terbesar di lumajang. Belum pernah mainin piano yang gini.
Dari dulu selalu bayangin ke cafe yang ada pianonya. Yang pianonya bisa dimainin gini. Karena belum bisa beli sendiri kali ya :p (ngawur rek, 33juta dapet darimana). Oke deal, setelah acara tasyakuran temen saya yang wisuda, saya berangkat ke sana. 

Namanya Grandioso Music. Letaknya emang nggak terlalu keliatan dari jalan. Ada di ruko Dieng kav 1c, deretannya Elizabeth. Cewek-cewek pasti ngerti ya. Sing tempate tas-tas apik ikulo rek. Nggak terlalu keliatan juga karena tempatnya ternyata nggabung sama tempat les musik. *mata berbinar-binar* *mupeng pengen les juga*
Saya masuk sama temen saya (yang jatuh cinta juga sama Nyitnyot sejak saya ajakin ke sana dulu) dan memesan menu langganan saya, Choco Sundae Brownie. Gatel banget liat piano nganggur. Tapi apa bener sih, ini boleh dimainin? Adu lirik sama temen saya. Adu lirik sama mas-mas cafenya. Sampe pas pesenan kami diantar, saya beraniin tanya. "Itu......pianonya boleh dimakan nggak?"
Lalu mas-masnya ngelirik saya sambil muka jijik gitu. Saya tersipu.

Enggak sih, nggak gitu kok. Jadi saya tanya, "Itu....pianonya boleh dimainin nggak?"
"Oh boleh mbak, silakan. Bebas kok. Ayo mainin saja nggak papa..."

Kayak Afiqa yang dikasih bulpen sama kertas, mukanya langsung bahagia pengen coret-coret. Mikir sebentar. Duh, main lagu apa. Nunduk sambil nyendok es krim. Dapet dua sendok. Ah, screw it! Gak peduliin temen saya, saya langsung ninggalin dia, melangkah ke arah piano dan mulai menekan tuts-tutsnya, dengan agak ragu-ragu sih. Maklum, biasanya megang keyboard-keyboardan di rumah. Akhirnya setelah agak lama lumayan lancar juga. Lagu I Remember-nya Mocca.

Nggak peduli orang-orang mikir apa. Bikin berisik apa gimana. Saya main dulu, deh. Lalu saya lihat pantulan lewat badan piano, teman saya melangkah naik ke semacam panggung di pojok belakang saya. Eh, ternyata ada cajon di situ (acoustic drum box yang dipukul-pukul ituloh). Dia kan #ehm drummer katanya, jadi bisa main begituan. Saya toleh, dia kasih isyarat buat ngelanjutin. Dia yang mukulin cajonnya, saya yang mainin pianonya. Oke, tambah berisik aja. Meskipun cafenya saat itu sepi sekali, tapi ada beberapa anak datang untuk les musik di lantai dua. Tapi seru banget. Nggak peduli es krim saya udah leleh jadi kuah. Nggak peduli hp kita sama-sama bunyi terus gara-gara ada temen yang saya suruh nyusulin ke sana. Mungkin ada sekitar 10 lagu yang kita bawain bareng di situ. Padahal niat awalnya es krim~


Ini penampakan dalemnya. Itu pianonya ketutup sama hijab syar'i saya :p 
Suasananya berbeda dengan NyitNyot yang asli. Karena ini adalah tempat les musik yang ada cafe nyitnyotnya. Jadi kayak franchise gitu (mungkin). Menunya masih sama, tapi tempatnya menyesuaikan. Masih banyak dekorasi interior yang homey, tapi mungkin lebih 'mbondo' di sini. Budget-nya mungkin yaa. Ada banyak sketch di dinding yang dibingkai frame kayu, papan tulis item buat nulis menu (seperti biasa), frame-frame kosong di pegangan tangga, nomor meja yang terbuat dari box kayu, dan lainnya lagi yang unyu-unyu.

Es krim di sana saya sukai. Karena teksturnya lembut, lumer, dan pekat. Coklatnya itu pekat, kerasa banget rasa coklatnya. Atau vanillanya. Saya nggak tahu sih, itu es krimnya bikin sendiri atau gimana. Tapi rasanya sama dari dulu sampe sekarang, meskipun tempatnya pindah dan jadi dua. Selain Choco Sundae Brownie, saya juga suka Caramel Frappe-nya. Manisnya pas. Kalau lapar, tinggal pesen makanan. Ada juga kok! Namanya juga seru-seru. Nyit-nyit, Nyit-Nyot, Mie Nyit, dll deh. Kalo di cafe lama saya suka cerewet tanya ini itu sama mas-masnya. Menu ini isinya apa, yang ini bahannya pake apa, gitu-gitu.

Oiya, untuk masalah harga, cafe ini punya harga yang pas buat kantung mahasiswa (meskipun kayaknya udah naik 2 kali). Bekisar antara 10-25rb an gitu. Mas-mbaknya juga baik-baik. Kira-kira mereka masih inget saya atau nggak, ya? Hahaha. Salam dari saya kalo baca ya!

Mungkin cukup itu saja yang mau saya share. Sebenarnya kemarin di Malang saya abis kuliner, cobain cafe ini cafe itu. Sambung lain kali, ya. Sebelum saya lupa juga. Oiya, buat temen-temen yang mau buka place buat nongkrong atau cafe, ntar kasih piano yaaa. Biar saya sering-sering ke sana. Hahahha. #ngarep

RUMAH NYITNYOT
Jl. LA Adi Sucipto Malang (belakang Spooring) / Ruko Dieng Kav 1C Malang (sebelah Elizabeth)
OPEN: 11.00AM - 10.00PM
Food, Dessert, Ice Cream, Drinks
Wifi: YES
Twitter/IG : @rumah_nyitnyot

Feel free to leave comment and dont forget to share. Be happy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kasih masukan aja gak papa. Tambahin pendapat juga gak papa. Kalo ada pendapat lain sampein aja. Kritik aja juga gak papa. Terserah mau nulis apa deh, biar rame. Oke? *peluk cium dari header*